penggunaan-universal-tetsing-machine-untuk-universitas

Penggunaan Universal Tetsing Machine Untuk Universitas

Alat pengujian seperti universal testing machine sudah banyak digunakan di bidang industri dan universitas. Fungsinya untuk apa? Banyak dari universitas yang menggunakan Universal Testing Machine (UTM) untuk alat pembelajaran mahasiswa.

 

PT Taharica team tokoalatuji telah menjual banyak alat pengujian seperti Universal Testing Machine (UTM) ke beberapa universitas seperti Universitas Hang Tuah, Universitas Gunadarma dan lain sebagainya.

Universal Testing Machine (UTM) adalah sebuah mesin pengujian untuk menguji kekuatan tekan bahan atau material dan tegangan tarik. Testing Machine biasanya disebut juga sebagai Universal Tester, Materials testing Machine atau Material Test Frame. Mesin pengujian ini sudah terbukti dapat melakukan tarik banyak standar dan tes kompresi pada bahan, struktur dan komponen.

 

Cara penggunaan Univerasal Testing Machine yaitu memberkan gaya tekan atau gaya tarik terhadap bahan yang di ujikan. Untuk melaksanakan pengujian tarik atau tekan terhadap material, kita memerlukan benda uji yang lain.

 

Benda uji itu dipasang pada mesin penguji dengan gaya tarik dan gaya tekan yang semakin bertambah besar akhirnya menekan dan menarik pada batang tersebut, maka batang ini akan manjadi pendek atau panjang. Parameter yang didapatkan dari proses ini adalah kekuatan dari material, modulus elastisitas, kekauatan putus, kekuatan maksimum, renggang putus, renggang dititik maksimum. 

 

Prinsip Kerja Universal Testing Machine

 

Uji Tarik (Tensile Test)

 

Biasanya material yang dipakai pada metode ini ialah bahan yang memiliki ukuran yang panjang. Cara mengaplikasikannya dengan meletakkkan bahan yang akan diuji tepat pada bagian atas UTM tepatnya dibawah top plate, kemudian material tersebut dikunci dengan cara memutar bagian handweel sampai bisa dipastikan bahwa kuncian itu tidak akan lepas. Setelah itu kita bisa menyalakan Universal Testing Machine.

Pada prinsip cara kerjanya metode ini adalah Universal Testing Machine akan menarik material yang diuji hingga putus. Setelah itu parameter dapat menampilkan nilai atau data maksimal kekuatan pada material tersebut. Selain itu juga anda dapat mengetahui perandingan panjang objek setelah dan sebelum proses dilakukan.

 

Uji Tekan (Press Test)

Dalam metode ini anda menggunakan material yang memiliki volume yang tebal. Cara mengaplikasikannya material tersebut diletakan pada bagian lower plate pada mesin, kemudian UTM akan memberikan gaya ekan pada material tersebut. Setelah material ditekan, parameter data pada monitor akan menampilkan hasil dari proses pengujian tersebut. Dan membandingkan material dari sebelum dan sesudah di uji.