penggunaan-vickers-hardeness-tester

Penggunaan Vickers Hardeness Tester

Hardness tester atau uji kekerasan dipakai untuk menganalisa kekuatan dan tingkat kekerasan pada suatu material atau benda. Pengujian kekerasan yang paling sering dipakai adalah vicker hardness. Sebagai alat bantunya menggunkan Vickers Hardness Tester.

 

Vickers Hardness Tester

Penggunan Vickers Hardness Tester

Pada saat pengujian ini material yang diukur berupa pada turbocharger. Prinsip dasar dari pengujian ini sangat sederhana yaitu indentor yang berbentuk pyramida menekan material atau benda yang diuji dan selanjutnya dievaluasi bagian permukaan benda atau material yang mengalami identitas setelah diberikan penekanan yang sudah diatur besar gayanya.

Proses pertama, mengambil indentor yang mempunyai bentuk prima atau pyramid lalu dipasang pada mesin Vickers Hardness Tester. Setelah itu letakkan benda material atau benda yang siap di uji, dalam hal ini material yang di uji ialah roda compressor. Taruhlah benda tersebut diatas meja pengujian, lalu putar lensa mikrosop ke arah roda compressor tersebut.

Lalu atur ketinggian meja uji serta sesuikan tingkat fokus antara mikrosop dengan benda uji. Hal ini bisa kita lihat di monitor display sambil mengatur tinggi meja ujinya.

Setelah itu tekan tombol start maka indentor pyramid akan turun secara perlahan. Perhatikan monitor, nantinya akan terlihat nilai gaya penekanan yang terus meningkat hingga mencapai batas dari gaya yang telah ditentukan sebelumnya.

 

Kemudian putar mikroskop di bagian yang diberi penekanan tadi, kemudian perbesar tampilan layer menggunakan tombol control pembesar paa mesin vicker hardness tester untuk mengukur sudut lekukan dengan cara membuat garis sehingga ukuran panjang dialognya dapat ditentukan dengan mudah.

Hasil pengukuran vicker hardness akan terhitung secara otomatis dengan menggunakan software ynag ada didalamnya. Disitu akan terlihat nilai pengukuran untuk uji kekerasan.