surface-roughness-tester-sebagai-alat-pengukur-tingkat-kekasaran-material

Surface Roughness Tester Sebagai Alat Pengukur Tingkat Kekasaran Material

Surface Roughness Tester yaitu alat yang dipakai untuk mengukur tingkat kekerasan permukaan suatu material. Setiap permukan komponen dari suatu benda mempunyai  beberapa bentuk dan variasi yang berbeda baik dari strukturnya maupun dari hasil proses produksinya.

 

Roughness/kekerasan diartikan sebagai ketidak halusan bentuk yang meyertai proses produksi yang disebabkan oleh pengerjaan mesin. Nilai kekerasan dinyatakan dalam Roughness Average (Ra). Ra ialah parameter kekerasan yang paling banyak digunakan secara internasional.

 

Pengukuran kekerasan permukaan didapatkan dari sinyal pergerakan stylus berbentuk diamond untuk bergerak sepanjang garis lurus pada permukaan sebagai alat indicator pengukuran benda uji. Prinsip kerja dari Surface Roughness ialah dengan menggunakan transducer dan diolah dengan mikroprosesor.

 

Mengapa permukaan pada sebuah specimen atau mesin perlu diketahui ukuran permukaannya?

 

Karena bila nilai permukaan tidak sesuai dengan kriteria nilai acuan, maka akan dikatakan specimen tersebut NG atau NG+. Hal ini perlu adanya perbaikan lagi adlam proses produksi atau dalam riset yang perlu. Jika pada sebuah mesin yaitu dapat diketahui bila ada goresan-goresan kecil, sebab hal tersebut mampu mempengaruhi produk yang dihasilkan dapat dikatakan tidak sesuai dengan kualitas suatu produk.

 

Prinsip kerja atau langkah kerja menggunakan Surface Roughness Tester